Lebaran by Libertaria

Dalam video ini, kami menampilkan semua teman-teman yang biasa bekerja membantu di balik layar atau panggung berbagai proyek Libertaria, sebuah pesan bahwa lebaran bukan hanya perayaan agama, melainkan sudah menjadi tradisi, sebagaimana mudik; mulih dhisik atau pulang dulu. Kami ingin mengenang kembali masa kanak-kanak kami ketika lebaran menjadi perayaan milik siapa saja apapun agamanya.

Lirik lagu ini mengeksplorasi filosofi makanan kupat (ketupat) dalam tradisi Jawa sebagai simbol hari lebaran. “Kupat” adalah akronim “kula lepat” yang berarti “aku mengaku salah”. “Kupat” juga berarti “laku papat” yang berarti “empat perkara”, yaitu; 1) Lebaran: bulan puasa sudah lebar atau selesai 2) Leburan: semua salah dan dosa dilebur atau diampuni 3) Luberan: berbagi rejeki berlimpah 4) Laburan: labur adalah cat kapur berwarna putih, perlambang hati yang bersih.

lebaranoutknow

Selamat mudik, selamat berkumpul dengan orang-orang tersayang, selamat lebaran, mari kita jadikan lebaran sebagai sebuah perayaan bersama dan berbagi kegembiraan kepada sesama.

Ana kupat kecemplung neng njero santen, menawi lepat kawula nyuwun ngapunten.

Mohon maaf lahir dan batin.

Terima kasih & Salam

Libertaria & Kill the DJ

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s